Tips Sehat saat Minum Teh

Kebiasaan meneguk teh setelah makan mungkin perlu jadi perhatian anda. Teh yang dapat menyehatkan tubuh kita tidak dapat bekerja maksimal jika kurang mengerti bagaimana menikmatinya. bukan saja menikmati kenikmatannya, melainkan juga manfaat sehat yang dikandungnya. Minum teh bersama makan besar (Nasi dengan lauk) ternyata bisa menimbulkan anemia defisiensi Besi, lantas kapan saat dan bagaimana cara sehat minum teh?

tips sehat minum tehTeh yang berasal dari daun teh, bisa mengganggu penyerapan Zat besi atau Fe karena dapat mengikat zat besi sehingga zat besi sukar diserap oleh usus. Zat besi yang berada dalam obat suplemen dan sayuran adalah zat besi yang sangat rentan diikat oleh tannin dalam teh.. Sedangkan Zat besi dalam daging, sukar diikat oleh zat pengikat seperti tannin dalam teh, Oleh karena bisa menyebabkan Anemia Defesiensi zat Besi bila teh diminum saat makan besar, sebaiknya minum teh dilakukan setelah kurang lebih 2 jam dari makan besar.

Saat yang tepat untuk minum teh yang sesuai dengan pola hidup dan pola makan orang Indonesia adalah pada sore hari. Selain waktunya, Campuran gula dalam minuman teh yang dibuat juga harus diperhatikan. Bukan rahasia lagi bahwa gula yang berlebihan hanya akan mendekatkan kita pada resiko diabetes. Penggunaan gula yang berlebihan bisa berbahaya karena bisa menyebabkan diabetes, terutama pada mereka dengan berat badan diatas rata-rata (BMI >25)..

Jadi Sebaiknya, gunakan gula seminimal mungkin, jangan terlalu manis. Teh merupakan minuman yang mengandung banyak antioksidan, jadi baik bagi tubuh bila diminum dengan cara yang benar dan sehat.

Selamat menikmati teh sehat anda dan Salam sehat :)