Cara Mengatasi Bau Badan tak Sedap dengan Ramuan Herbal

Tentu saja bau badan tak sedap sangatlah mengganggu, itulah mengapa orang-orang tidak bisa lepas dari deodoran si penangkal bau badan plus memberikan kesegaran untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun apakah teman-teman tahu, bahwa untuk mengatasi bau badan tak sedap, ada ramuan herbal yang dapat menangkalnya.

Mau tau tanaman apa daja yang memiliki khasiat herbal untuk mengatasi bau badan tak sedap?? Berikut ini jenis tanaman dan cara meramunya;

1. Beluntas
manfaat Daun beluntas
Daun beluntas
Daun beluntas umumnya dijumpai sebagai pagar hidup. Tanaman bernama Latin Pluchea indica ini berdaun bulat telur, tangkai pendek, dan berwarna hijau. Bunganya berwarna putih kecoklatan. Tau gak kalaun daun dan bunga Beluntas mengandung zat alkali yang bertindak sebagai antiseptik.

Cara pemanfaatannya (2 cara) ;
  • Daun beluntas segar dimakan sebagai lalap bersama nasi dan lauk pauk. 
  • Ambil segenggam daun beluntas kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas.Minum hangat-hangat setiap pagi dan petang.

2. Rimpang Jahe
Jahe Rimpang yang sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk menghangatkan badan dan  dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin dan rasa mual karena kehamilan dan sebab lain. Penelitian untuk tanaman ini menunjukkan bahwa jahe mengandung zat antiviral, antitumor, dan antiinflamasi, juga sifat antibakteri dan antijamur. Kedua yang disebutkan terakhir ini yang menyebabkan jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan.


Dalam kondisi lain, jahe juga dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit kulit seperti panu, dll.

Cara pemanfaatan jahe rimpang untuk mengatasi bau badan tak sedap yaitu dengan;
  • Ambil satu jari jahe.
  • Kupas dan cuci bersih kemudian potong halus.
  • Rebus dalam dua gelas air sampai tersisa satu gelas.
  • Tambahkan gula merah sesuai selera. Minum selagi hangat.

3. Jeruk Nipis
Seperti jahe, buah jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan, baik kesehatan maupun kecantikan. Secara tradisional, jeruk nipis telah dipercaya sebagai obat batuk selama berabad-abad. Di samping untuk melenyapkan bau amis sewaktu mencuci piring (termasuk saat mengolah ikan), jeruk nipis dimanfaatkan untuk membersihkan barang yang berasal dari logam kuningan.

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara memanfaatkannya; Peras dua buah jeruk nipis. Ambil sedikit kapur sirih lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis tersebut. Selanjutnya, oleskan pada ketiak untuk menghilangkan bau badan.

4. Sirih
Daun sirih dikenal mengandung antiseptik dan zat aktif lain yang bermanfaat menghilangkan masalah bau badan. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya, yakni;


a. Rebus lima lembar daun sirih beserta dua gelas air, tunggu sampai air rebusan daun sirih tersisa hanya satu gelas saja. Lalu minum selagi hangat dengan porsi sehari sekali sampai bau badan hilang.
b. Haluskan daun sirih (secukupnya) lalu campurkan dengan sedikit kapur sirih. Oleskan campuran itu pada ketiak.

5. Kemangi
Daun kemangi sudah umum dijumpai dalam menu lalapan. Daun yang beraroma wangi ini mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai antiseptik. Zat inilah yang membantu memberantas bakteri penyebab bau badan tak sedap. Manfaat lain daun kemangi adalah meningkatkan nafsu makan.

6. Temulawak
Temulawak adalah salah satu tanaman yang dikenal luas di Indonesia sebagai apotek hidup karena manfaat atau khasiat herbal yang dikandungnya. Tanaman ini mengandung flavoinoida, saponin, dan minyak asiri sehingga berkhasiat menghilangkan jerawat, menyegarkan tubuh, dan menghilangkan bau badan.

Pemanfaatannya dengan cara;
  • Sediakan satu jari temulawak.
  • Cuci temulawak hingga bersih kemudian potong halus.
  • Rebus dengan segelas air bersama asam sesuai selera.
  • Tunggu sampai menjadi setengah gelas. Tunggu sampai dingin kemudian minum ramuan tersebut.

7. Kecombrang (Nicolaia speciosa)
Bunga kecombrang sering dimanfaatkan sebagai bunga hias, tapi juga nikmat disantap dalam bentuk pecal, lalapan, ataupun sambal. Kecombrang dapat digunakan sebagai tambahan sayuran sewaktu memasak.

Dengan rajin mengonsumsi bunga kecombrang bermanfaat untuk menjaga kesegaran aroma tubuh. Mau tahu kenapa? hal ini karena zat aktif yang dikandungnya, yaitu flavoinoida, sapomin, dan polifenol.


Nah, anda dapat mencoba beberapa ramuan di atas untuk mengatasi masalah bau badan tak sedap. Punya ramuan herbal lain yang belum kami ungkapkan ??? Ayo berbagi melalui blog ini :)