Resep Herbal; Cara atasi Sulit Tidur atau Insomnia dengan Putri Malu

manfaat herbal daun putri malu

Mata sulit terpejam dan sering gelisah. Itukah yang kerap Anda rasakan sepanjang malam? Bisa jadi, Anda mengalami apa yang dikenal dengan istilah insomnia. Meski tidak menyebabkan kematian mendadak seperti penyakit jantung, insomnia tetap harus diatasi. Bukan begitu, pembaca budiman???

Mengapa ini penting? Walaupun tidur terasa sebagai hal yang enteng saja, namun ketika Anda tidur, sebenarnya Anda sedang memberi kesempatan pada tubuh Anda untuk memperbaiki dirinya. Namun, tidak demikian yang terjadi pada tubuh penderita insomnia.

Penderita Insomnia akan mengalami penurunan produktivitas dan kualitas hidup, tentu karena jam biologis tubuh tidak disesuaikan dengan pola magemen waktu yang kita terapkan dalam sehari-hari. Bagi mereka yang merasa hidupnya tidak penting, dapat mengabaikan masalah sulit tidur atau Insomnia ini.

Namun jika anda menghargai setiap detik dari hidup anda, anda tentu bersyukur dengan menjaga tubuh agar tetap fit.

Banyak yang mengatasi persoalan insomnia ini dengan jalan pintas berupa konsumsi obat-obatan. Namun, obat tentu menyisakan efek tertentu bagi tubuh karena zat kimia yang dikandungnya. Oleh karenanya, sebaiknya beralih pada gaya hidup herbal.

Lantas, adakah cara alami agar Anda dapat tidur lelap, tanpa harus bergantung pada obat tidur? Anda dapat mencoba bantuan tanaman Putri malu. Mari kita kenali sejenak seperti apa tanaman ini dan bagaimana cara memanfaatkannya guna mengatasi insomnia.

Tak banyak yang tahu, bahwa tanaman unik dengan dedaunan yang kerap menutup ketika kita menyentuhnya ini, ternyata ampuh atasi insomnia. Ya, semua bisa menebak apa nama tanaman ini, yakni Putri malu (Mimosa pudica).

Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan dan tanah lapang. Batang tanaman ini bulat, berbulu, dan berduri. Sedangkan, daunnya berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip, yang tersusun secara majemuk.

Lantas, bagaimana tanaman ini bisa membantu mengatasi insomnia? Diduga, kandungan melatonin dalam tanaman inilah yang mampu memberikan efek sedatif (penenang), dimana keberadaannya dalam tubuh mampu memberikan efek relaksasi dan memicu rasa kantuk secara alami guna mengingatkan tubuh untuk beristirahat.

Resep Herbal Mengatasi Insomnia dengan Putri Malu

Untuk membuat obat insomnia, bagian yang digunakan pada tanaman Putri malu adalah daunnya. Bagaimana cara membuat obat tidur alami ini? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.
Siapkan:
  • 15-60 gram daun Putri malu segar
  • 15 gram Daun sawi langit
  • 30 gram Daun calincing. 

Cara meramu Putri Malu untuk Mengatasi Insomnia

  1. Rebus ketiga bahan dengan dua gelas air.
  2. Tunggu hingga air berkurang menjadi setengahnya.
  3. Dinginkan, lalu saring air rebusan tersebut.
  4. Minum airnya satu gelas setiap hari sebelum tidur.

Berdasarkan pengalaman empiris masyarakat, ramuan obat tidur alami ini akan menunjukkan reaksinya setelah 10-15 menit dikonsumsi. Maksimal, dalam 1 jam saja, Anda sudah dapat tertidur lelap.

Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi ramuan Putri malu secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan dan muntah-muntah. Sedangkan, pada ibu hamil, dapat menyebabkan kematian janin. Oleh karena itu, perhatikan penggunaan dan jangan berlebihan.


Sumber : daherba.com